Konsep Perawatan leptop


Di zaman sekarang banyak leptop atau notebook yang digunakan seenakknya saja. Apalagi jika bicara tentang game ofline yang dipasang secara masal di leptop. Ini berdampak pada kerja leptop yang menjadi lebih exstra. Kadang juga banyak ditemui, banyak yang meninggalkan atau lupa bahwa sedang menghidupkannya. Tidak tanggung- tanggung, lama pemakaian leptop biasanya 2 jam. Sekarang leptop bagaikan teman dekat saat kita jenuh, sehingga kita menggunakannya terlalu lama.
            Gangguan yang mungkin terjadi adalah baterai mulai cepat habis, kerja tidak maksimal, sering lemot saat membuka program, dsb. Saya akan membagi konsep dasar agar leptop tidak mudah rusak sebelum waktunya.
  1. Batasi Penggunaan,  Maksimal dalam pemakaian adalah 2 jam. Jika pekerjaan yang dikerjakan belum selesai, matikan sementara waktu kira-kira 1 jam paling lama. Agar mesin lepto tidak cepat panas, gunakan juga headsink(kipas leptop). 
  2. Cabut Batu Jika saat Main Game, Biasanya kita sering asikmain game sampai lupa waktu, kalau baterai habis. Bahkan jika ada peringatan bateray low kita tidak perduli saking asiknya. Saya sarankan untuk mencabut baterai ketika bermain game, karena jika main game dengan baterai akan menyebabkan baterai cepat habis dan pengisian tidak maksimal. 
  3. Update Antivirus, Usahakan mengupdate antivirus maksimal satu bulan 1x. Gunakan antivirus yang ampuh seperti; AVG, Smadav, Avira, SalityKiller,RamitKiler, dll. 
  4. Lakukan Defrag, Defrag juga bisa dilakukan satu bulan 1x, ini agar kinerja atau proses saat membuka file agak lancer, karena fungsi defrag merapikan file yang berantakan. 
  5. Disk CleanUp, diskCleanUp dapat membersihkan file yang tidak terpakai, biasanya file ketika kita uninstall sebuah program meninggalkan beberapa file yang tidak berguna. Itu membuat memory penuh. DiskCleanUp bisa dilakukan oleh software bawaan / tools dari windows atau dapat download sendiri.

1 comments:

  1. Thanks a lot for the instructions, I will definitely use them for my laptop and will share with my students writing a thesis conclusion about laptops.

    ReplyDelete

terima kasih atas kesediaan anda untuk berkomentar di Blog saya....